Langsung ke konten utama

Perspektif Komunikasi

Setiap ilmu atau bidang kajian tertentu pasti terdapat perspektif tersendiri. Perspektif yang merupakan sudut pandang seseorang terhadap suatu masalah tercipta dikarenakan adanya perbedaan persepsi dan pengalaman antara seorang dengan yang lainnya. Lebih tepatnya, sudut pandang / paradigma ini merupakan pemandu persepsi, di mana ia dapat mempengaruhi apa yang kita lihat dan bagaimana cara kita menafsirkan/memperkirakan apa yang kita lihat. Perspektif ini juga digunakan guna memudahkan seseorang dalam melakukan penelitiannya.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, setiap ilmu pengetahuan pasti punya sudut pandang/paradigma yang selalu berkembang atau tercipta seturut perkembangan zaman. Salah satunya adalah pada Bidang Kajian Ilmu Komunikasi, bagaimana komunikasi diamati dan ditelaah dari sudut pandang/pendekatan tertentu. Terdapat 4 jenis perspektif komunikasi pada umumnya, antara lain :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Perekonomian di Dunia

1. Sistem Perekonomian Tradisional Sistem Perekonomian Tradisional adalah sistem ekonomi yang bertujuan mempertahankan tradisi yang terjadi turun temurun. Yang menganut paham ini : Indonesia (Suku Badui di Jawa Barat)             Ciri-cirinya, antara lain:         ·           Belum adanya pembagian kerja yang jelas         ·           Kurangnya peran masyarakat dalam berusaha         ·           Produksi masih terbatas dan ditentukan sesuai kebutuhan      ·           Pertukaran masih menggunakan sistem barter walaupun mata uang sudah digunakan         ·           Penghasilan utama dari sektor agraris      ...

Definisi Slogan

SLOGAN 1. Pengertian Perkataan atau kalimat yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi, golongan, organisasi, partai politik, dsb. Bersifat untuk membangkitkan semangat Dapat menjadi suatu prinsip hidup. 2. Tujuan      Menyampaikan informasi dan mempengaruhi pandangan/pendapat orang terhadap informasi. 3. Ciri-ciri Kata-katanya singkat, manarik, dan mudah diingat Disajikan dalam bentuk frasa, klausa, atau kalimat Merupakan semboyan organisasi/masyarakat Terdapat kata-kata ajakan yang tersirat 4. Kalimat Slogan Singkat Penuh makna Menarik 5. Contoh Pemuda sehat, negara kuat Sekali merdeka, tetap merdeka Jagalah sehatmu, sebelum sakitmu Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh Kelas bersih, hati jernih Hutan dibakar, banjir melanda Berani katakan tidak untuk narkoba TVE santun dan mencerdaskan TVRI menjalin persatuan dan kesatuan RCTI oke, kebanggaan kita semua Tetap bers...