Langsung ke konten utama

Istilah Umum pada Sistem Reproduksi

ISTILAH UMUM - SISTEM REPRODUKSI



  1. Reproduksi (Berkembang Biak) : Proses terbentuknya individu baru baik secara kawinataupun tidak kawin.
  2. Vegetatif : Cara reproduksi makhluk hidup secara aseksual (tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina).
  3. Generatif : Cara reproduksi yang terjadi karena adanya peleburan dari sel kelamin jantan dan betina (sperma dan ovum), baik yang terjadi di dalam atau di luar tubuh.
  4. Ovipar : Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Jenis reproduksi yang mengakibatkan telur yang dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya (ex tern).
  5. Vivipar : Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan || Reproduksi pada hewan yang mengakibatkan telur berkembang di dalam tubuh hewan betina dan (perkembangan) janinnya mendapat makanan dr induknya (in Tern).
  6. Ovovivipar : Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan || Reproduksi yg dihasilkan dng cara mengembangkan telur di dl badan induknya, tetapi embrio tidak mendapat makanan dr induknya (n Zool).
  7. Polinasi : Jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik.
  8. Fertilisasi : Pembuahan atau fertilisasi (singami) adalah peleburan dua gamet yang dapat berupa nukleus atau sel-sel bernukleus untuk membentuk sel tunggal (zigot) atau peleburan nukleus.
  9. Fertilisasi Internal : Pembuahan yang terjadidi dalam tubuh induk.
  10. Fertilisasi External : Pembuahan yang terjadi di luar tubuh induk.
  11. Gametogenesis : Proses pembentukkan gamet || Proses diploid dan haploid yang mengalami pembelahan sel dan diferensiasi untuk membentuk gamet haploid dewasa.
  12. Spermatogenesis : Proses pembentukkan spermatozoa || Proses gametogenesis pada pria dengan cara pembelahan meiosis dan mitosis. Spermatogenesis pada sperma biasa terjadi di epididimis. Sedangkan tempat menyimpan sperma sementara, terletak di vas deferens.
  13. Oogenesis : Proses pembentukkan Ovum || Penciptaan ovum (sel telur) merupakan proses dari bentuk betina gametogenesis yang setara dengan jantan yakni spermatogenesis. Oogenesis berlangsung melibatkan pengembangan berbagai tahap reproduksi telur sel betina yang belum matang.
  14. Gamet : Sel-sel kelamin || Sel haploid khusus untuk fertilisasi. Gamet-gamet yang melebur dapat identik dalam bentuk dan ukuran (isogami) ataupun berbeda dalam satu atau kedua sifat tersebut (anisogami).
  15. Sperma / Spermatozoid / Spermatozoa : (berasal dari bahasa Yunani kuno: σπέρμα yang berarti benih, dan ζῷον yang berarti makhluk hidup) adalah sel dari sistem reproduksi laki-laki. (Membawa kromoson xx)
  16. Ovum / Sel Telur : Sel telur yang dihasilkan dari ovarium pada organisme berjenis kelamin betina. (Membawa kromoson xy)
  17. Zigot : Sel yang terbentuk sebagai hasil bersatunya dua sel kelamin yang telah masak atau proses perkembangbiakan sebelum janin atau calon janin/embrio pada rahim.
  18. Embrio : Anakkan hasil pengembangan lanjutan zigot setelah proses diferesiasi dan spesialisasi. Dalam organisme yang berkembang biak secara seksual, ketika satu sel sperma membuahi ovum, hasilnya adalah satu sel yang disebut zigotyang memiliki seluruh DNA dari kedua orang tuanya. Dalam tumbuhan, hewan, dan beberapa protista, zigot akan mulai membelah oleh mitosisuntuk menghasilkan organisme multiselular. Hasil dari proses ini disebut embrio.
  19. Fetus / Janin (latin = "Berisi bibit muda, Mengandung") : Perkembangan mamalia yang berkembang setelah fase embrio dan sebelum kelahiran.
  20. Menstruasi : Perubahan fisiologis dalam tubuh perempuan yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi || Pendarahan yang terjadi akibat luruhnya dinding dalam rahim (endometrium) yang banyak mengandung pembuluh darah.
  21. Menarche : Menstruasi yang terjadi pertama kali pada perempuan.
  22. Menopause : Masa-masa berhentinya menstruasi pada perempuan || Berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia perempuan.
  23. Ejakulasi : Proses pemancaran sperma || Peristiwa keluarnya sperma dari penis dan biasanya disertai dengan orgasme.
  24. Penetrasi : pemasukkan alat kelamin pria ke alat kelamin perempuan.
  25. Implantasi : Pelekatan embrio pada dinding rahim.
  26. Ovulasi : Proses pematangan sel telur || Lepasnya sel telur dari ovarium.
  27. Bayi : Fetus yang sudah siap untuk dilahirkan.

Komentar

  1. mel request dong make a summary about tenses in unit 2 about when vs why and past continous and past tense

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perspektif Komunikasi - Perspektif Mekanistik

Perspektif Mekanistik adalah sudut pandang dalam bidang kajian komunikasi yang melihat proses atau cara komunikasi itu terjadi. Seperti yang kita tahu, komunikasi tidak berlangsung dengan sendirinya. Terdapat proses di dalamnya sehingga dapat memunculkan suatu keefektifan komunikasi maupun terciptanya kesamaan pemahaman atau pengertian (mutual understanding). Perspektif mekanistis komunikasi manusia menekankan pada unsur fisik komunikasi, penyampaian dan penerimaan arus pesan oleh komunikan. Semua fungsi penting komunikasi terjadi pada saluran, lokus, perspektif mekanistis. (Diah F.K.S., 2009) Terdapat beberapa model komunikasi dalam perspektif mekanistik ini, antara lain: 1. Proses komunikasi secara primer Proses komunikasi ini merupakan komunikasi yang menggunakan satu lambang (simbol) sebagai media/saluran dalam penyampaian pesan dari komunikator terhadap komunikan. Saluran atau media di sini bisa saja lewat gesture , simbol, warna, dan lain-lain. Lambang di sin

Definisi Slogan

SLOGAN 1. Pengertian Perkataan atau kalimat yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi, golongan, organisasi, partai politik, dsb. Bersifat untuk membangkitkan semangat Dapat menjadi suatu prinsip hidup. 2. Tujuan      Menyampaikan informasi dan mempengaruhi pandangan/pendapat orang terhadap informasi. 3. Ciri-ciri Kata-katanya singkat, manarik, dan mudah diingat Disajikan dalam bentuk frasa, klausa, atau kalimat Merupakan semboyan organisasi/masyarakat Terdapat kata-kata ajakan yang tersirat 4. Kalimat Slogan Singkat Penuh makna Menarik 5. Contoh Pemuda sehat, negara kuat Sekali merdeka, tetap merdeka Jagalah sehatmu, sebelum sakitmu Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh Kelas bersih, hati jernih Hutan dibakar, banjir melanda Berani katakan tidak untuk narkoba TVE santun dan mencerdaskan TVRI menjalin persatuan dan kesatuan RCTI oke, kebanggaan kita semua Tetap bersemangat, jaya