Langsung ke konten utama

Definisi Poster


POSTER


1. Pengertian
a. Poster adalah lembaran pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat yang biasanya disertai gambar
b. Menurut KBBI : Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman) dengan dan tulisan gambar yang mencolok.

2. Tujuan Pembuatan Poster
Agar sesuatu yang ada dalam poster itu dapat diketahui umum dan membuat masyarakat umum tertarik untuk membeli, memakai, atau mengikuti isi poster tersebut.

3. Ciri-ciri Poster
  • Bahasa poster singkat, jelas, efektif, komunikatif, informatif dan menarik perhatian pembaca.
  • Bahasa poster bersifat persuasif.
  • Biasanya poster dilengkapi : gambar, warna, foto/ilustrasi
  • Terdapat kata-kata ajakan yang tersurat.

4. Pemasangan Poster
  • Biasanya di tempat umum, seperti : terminal, stasiun, pasar, rumah sakit, dsb.
  • Ditempelkan di dinding/tembok.
  • Dipasang di pinggir-pinggir jalan

 5. Prinsip Pemasangan Poster
  • Kalimat dan gambar yang dipilih sesuai dengan tujuan penulisan poster.
  • Kalimat dalam poster bertujuan mempengaruhi sehingga harus menggunakan kata yang menarik.
  • Kata-kata yang digunakan singkat dan padat agar orang lebih mudah mengingat dan mudah memahaminya dalam waktu singkat.
  • Dilengkapi dengan gambar agar dapat diketahui khalayak dengan cepat dan menarik. Gambar akan mendukung kalimat poster sehingga tidak perlu kalimat yang banyak (gambar sudah mewakili poster).

6. Jenis-jenis Poster
  • Poster Niaga
  • Poster Kegiatan
  • Poster Penerangan atau Pendidikan
  • Poster Hiburan

7. Langkah-langkah Menyusun Poster
  • Menentukan topik/tujuan
  • Merumuskan pesan/amanat
  • Merumuskan kalimat yang menarik, singkat, padat, dan jelas
  • Kalimat yang persuasif, membujuk, dan memiliki daya sugestif

Komentar

  1. Terima kasih informasinya mas sangat bermanfaat sekali ..
    menambah wawasan , oya untuk referensi inspirasi desain posting mungkin bisa kunjungi di website ini http://www.sribu.com/id/services/poster-design

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah Umum pada Sistem Reproduksi

ISTILAH UMUM - SISTEM REPRODUKSI



Reproduksi (Berkembang Biak) : Proses terbentuknya individu baru baik secara kawinataupun tidak kawin.Vegetatif : Cara reproduksi makhluk hidup secara aseksual (tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina).Generatif : Cara reproduksi yang terjadi karena adanya peleburan dari sel kelamin jantan dan betina (sperma dan ovum), baik yang terjadi di dalam atau di luar tubuh.Ovipar : Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Jenis reproduksi yang mengakibatkan telur yang dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya (ex tern).Vivipar : Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan || Reproduksi pada hewan yang mengakibatkan telur berkembang di dalam tubuh hewan betina dan (perkembangan) janinnya mendapat makanan dr induknya(in Tern).Ovovivipar : Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan || Reproduksi yg dihasilkan dng cara mengembangkan telur di dl badan induknya, tetapi embrio tidak mendapat makanan dr indu…

Definisi Iklan

IKLAN

1. Pengertian Iklan

    Iklan mengandung 2 pengertian, yaitu :
a. Berita pesanan untuk mendorong, membujuk/memberikan persuasi kepada khalayak ramai agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.b. Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang/jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa atau tempat-tempat umum.
2. Tujuan

    Iklan dibuat untuk mempengaruhi khalayak


3. Sasaran Iklan

    Masyarakat luas yang jumlahnya tak dapat ditentukan dan tinggal berpencar-pencar. Iklan digunakan untuk menyampaikan gagasan, produk, atau jasa.


4. Syarat-syarat Iklan

Ditinjau dari isinya, iklan harus :a. Harus objektif dan jujurb. Singkat, jelas dan mudah dipahami c. Tidak menyinggung pihak laind. Menarik perhatian orang banyak
Ditinjau dari bahasanya, iklan harus :a. Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, logis dan sopanb. Ungkapan/majas yang digunakan memikat dan memiliki daya sugesti bagi khalayakc. Bahasa disusun untuk menonjolkan informasi yang dipentingkand. Teks iklan harus menuju sasar…