Langsung ke konten utama

Pratikum Kelas 8 SMPK Santu Petrus - Gerak Tropisme pada Tumbuhan


GERAK TROPISME PADA TUMBUHAN

A. Kompetisi Dasar
     Mengindetifikas macam-macam gerak pada tumbuhan
B. Dasar Teori
               Gerak tropisme adalah gerak sebagian organ tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan dari luar dan arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya ransang. Gerak tropisme mendekati arah ransang disebut tropisme positif sedangkan gerak tropisme yang menjauhi ransang disebut tropisme negatif.
               
               Berdasarkan jenis ransangnya gerak tropisme dibagi dalam 5 gerak yaitu :
  1. Geotropisme. Geotropisme adalah gerak yang dipengaruhi oleh ransangan gaya gravitasi bumi. Pertumbuhan akar merupakan contoh geotropisme positif sedangkan pertumbuhan batang merupakan contoh geotropisme negatif.
  2. Hidrotropisme. Hidrotropisme adalah gerak tropisme yang dipengaruhi oleh ransangan kelembaban air. Misalnya pertumbuhan akar yang selalu menuju ke sumber air.
  3. Tigmotropisme. Tigmotropisme adalah gerak tropisme yang dipengaruhi oleh ransangan sentuhan atau kontak fisik dengan benda padat. Tumbuhan merambat umumnya tumbuh lurus terus menerus. Contoh gerak membelitnya sulur tumbuhan mentimun.
  4. Fototropisme. Fototropisme adalah gerak tropisme yang dipengaruhi oleh ransangan cahaya. Contohnya pertumbuhan tanaman yang menuju sumber cahaya.
  5. Kemotropisme. Kemotropisme adalah gerakan yang dipengaruhi oleh ransangan bahan kimiawi. Contoh gerak pertumbuhan buluh serbuk sari menuju bakal buah saat berlangsungnya pembuahan.
C. Tujuan
     Menjelaskan perbedaan gerak geotropisme dan fototropisme.

D. Alat dan Bahan :
  1. 1 buah pot (aqua gelas plastik)
  2. Kapas secukupnya
  3. 5 biji kacang hijau
  4. 2 Kardus dan label (1 kardus dilubangi salah satu sisinya sedang yang lain tidak)
  5. Air
  6. Gunting dan Cutter
  7. Penggaris busur
E. Cara Kerja :
  1. Isilah pot plastik dengan kapas hampir penuh.
  2. Rendamlah kacang hijau sekitar 1 jam sebelum pelaksanaan pratikum.
  3. Tanamlah biji kacang hijau tersebut dengan jumlah 5 biji setiap potnya.
  4. Siramlah tanah (kapas) tersebut agar konsisinya lembab, namun jangan terlalu banyak agar bijinya tidak membusuk.
  5. Simpanlah pot tersebut dengan rapi kemudian tutuplah dengan kardus yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  6. Lakukan pengamatan setelah 5 hari. Ukurlah sudut yang terbentuk antara batang tanaman dari permukaan tanah menggunakan penggaris busur.
  7. Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel berikut
F. Hasil pengamatan
    Tabel Hasil Pengamatan Tanaman selama 5 hari
Hari ke- ...
(Hari/tanggal)
Sudut yang terbentuk pada tanaman
Kardus Tertutup
Kardus Terbuka
Hari ke 5
30 derajat 45 derajat
Catatan : Semakin lurus tanaman maka sudut yang terbentuk semakin besar.

G. Analisa
  1. Sudut tanaman mana yang paling kecil? Dalam kardus tertutup atau terbuka. Mengapa hal itu terjadi?
  2. Mengapa arah pertumbuhan tanaman selalu mendekati arah datangnya sinar matahari?
  3. Apakah dalam percobaan ini terdapat gerak geotropisme positif dan geotropisme negatif? Jelaskan jawabanmu.
  4. Apakah jika tanaman tetap dibiarkan di dalam pot dengan kondisi tertutup kardus akan tetap bertahan hidup sampai tanaman menghasilkan buah?
     Jawaban :
  1. Kardus tertutup. Karena tanaman tersebut mengarah ke arah datangnya sinar matahari, sehingga sudut yang dibentuk tanaman itu kecil karena menghadap ke samping.
  2. Karena tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis & proses pertumbuhannya.
  3. Ada. Gerak geotropisme positif pada tumbuhan tersebut adalah gerak akar yang tumbuh ke dalam tanah sesuai dengan arah gravitasinya. Gerak geotropisme negatif pada tumbuhan tersebut adalah gerak tumbuh tunas ke atas yang berlawanan dengan arah gravitasi.
  4. Tidak, karena untuk bertahan hidup saja, tanaman memerlukan cahaya matahari. Jadi tidak memungkinkan tanaman tersebut bertahan hidup sampai menghasilkan buah.
H. Kesimpulan
  • Tanaman pada kardus tertutup menghasilkan sudut yang lebih kecil daripada tanaman pada kardus terbuka.
  • Arah pertumbuhan tanaman selalu mendekati arah datangnya sinar matahari karena tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis dan proses pertumbuhannya.
  • Dalam percobaan ini terdapat :
  1. Gerak geotropisme positif = Gerak akar yang tumbuh ke dalam tanah
  2. Gerak geotropisme negatif = Gerak tumbuh tunas ke atas

  •  Tumbuhan tidak akan bertahan hidup sampai menghasilkan buah jika tetap dibiarkan di dalam pot dalam kondisi tertutup, karena tumbuhan tersebut memerlukan cahaya matahari.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perspektif Komunikasi - Perspektif Mekanistik

Perspektif Mekanistik adalah sudut pandang dalam bidang kajian komunikasi yang melihat proses atau cara komunikasi itu terjadi. Seperti yang kita tahu, komunikasi tidak berlangsung dengan sendirinya. Terdapat proses di dalamnya sehingga dapat memunculkan suatu keefektifan komunikasi maupun terciptanya kesamaan pemahaman atau pengertian (mutual understanding). Perspektif mekanistis komunikasi manusia menekankan pada unsur fisik komunikasi, penyampaian dan penerimaan arus pesan oleh komunikan. Semua fungsi penting komunikasi terjadi pada saluran, lokus, perspektif mekanistis. (Diah F.K.S., 2009) Terdapat beberapa model komunikasi dalam perspektif mekanistik ini, antara lain: 1. Proses komunikasi secara primer Proses komunikasi ini merupakan komunikasi yang menggunakan satu lambang (simbol) sebagai media/saluran dalam penyampaian pesan dari komunikator terhadap komunikan. Saluran atau media di sini bisa saja lewat gesture , simbol, warna, dan lain-lain. Lambang di sin

Definisi Slogan

SLOGAN 1. Pengertian Perkataan atau kalimat yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi, golongan, organisasi, partai politik, dsb. Bersifat untuk membangkitkan semangat Dapat menjadi suatu prinsip hidup. 2. Tujuan      Menyampaikan informasi dan mempengaruhi pandangan/pendapat orang terhadap informasi. 3. Ciri-ciri Kata-katanya singkat, manarik, dan mudah diingat Disajikan dalam bentuk frasa, klausa, atau kalimat Merupakan semboyan organisasi/masyarakat Terdapat kata-kata ajakan yang tersirat 4. Kalimat Slogan Singkat Penuh makna Menarik 5. Contoh Pemuda sehat, negara kuat Sekali merdeka, tetap merdeka Jagalah sehatmu, sebelum sakitmu Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh Kelas bersih, hati jernih Hutan dibakar, banjir melanda Berani katakan tidak untuk narkoba TVE santun dan mencerdaskan TVRI menjalin persatuan dan kesatuan RCTI oke, kebanggaan kita semua Tetap bersemangat, jaya